Ketua Bawaslu Kota Parepare Hadiri Rapat Evaluasi Produk Hukum Penanganan Pelanggaran Administrasi Pemilihan dan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilihan

  • Post author:
You are currently viewing Ketua Bawaslu Kota Parepare Hadiri Rapat Evaluasi Produk Hukum Penanganan Pelanggaran Administrasi Pemilihan dan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilihan

Makassar – Ketua Bawaslu Kota Parepare Selaku Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HPPS) Muh. Zainal Asnun Menghadiri Kegiatan Rapat evaluasi produk hukum dugaan penanganan pelanggaran administrasi pemilihan dan penyelesaian sengketa proses pemilihan, dilaksanakan di ruang Sidang Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (16/06/2021).

Kegiatan ini hadiri oleh Koordinator Divisi Hukum  Dr. Adnan Jamal SH, Koordinator Penindakan Pelanggaran Azry Yusuf SH MH, Koordinator Penyelesaian Sengketa Asradi, SE, MH, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulsel Dr. Jalaluddin Siali, M.Pd, serta diikuti oleh seluruh Koordinator Divisi HPPS 24 kabupaten/Kota Bawaslu se-Sulawesi Selatan.

Pada kegiatan ini Koordinator Divisi Hukum  Dr. Adnan Jamal SH, MH. memberikan sambutan dan membuka kegiatan tersebut. Kegiatan hari ini, bermakna bahwa tahun ini merupakan konsolidasi wawasan ,yang berkaitan dengan tugas dan wewenang Bawaslu secara berjenjang. Keberadaan Bawaslu untuk mengevaluasi faktor hukum dan faktor non hukum. Dari kegiatan yang dilaksanakan ini, akan nampak ketika ada perbedaan menafsirkan regulasi, tetapi dari sisi pandangan hukum tetap sama lebih stragis lagi jika teman-teman Kabupaten/Kota sering melakulan kajian-kajian hukum tentang regulasi pemilu, Marilah berkontribusi kepada lembaga,sekecil apa pun.

Koordinator Penindakan Pelanggaran Azry Yusuf, SH.,MH, Sangat mengapresiasi kegiatan ini pada masa sekarang yang non tahapan, dan memang kita harus berbenah, terutama pada perbaikan-perbaikan regulasi kita ke depan. Pada level Perbawaslu
dan regulasi, kita harus mampu mengimplementasikan tanpa ada keragan ,dalam arti harus lebih jelas dalam Peraturan Bawaslu apalagi kedepan kita akan diperhadapkan pada Pemilu serentak, yang tahapannya beririsan.

Koordinator Penyelesaian Sengketa Asradi, SE, MH, Menerangkan dalam sambutannya bahwa Kegiatan terkait produk hukum tentunya akan melahirkan hasil dan pendapat yang dapat menjelaskan informsi-informasi produk hukum tentang pemilu.

Kasek Provinsi Sulsel Dr. Jalaluddin Siali, M. Pd, menjelaskan Output kegiatan ini untuk menganalisis masukan pembuatan regulasi dan untuk penguatan-penguatan tentang persiapan menghadapi Pemilu serentak kedepannya.

Penulis : Ketua Bawaslu Kota Parepare Muh Zainal Asnun

Editor : Humas

Tinggalkan Balasan