KPU Kota Parepare Menindaklanjuti Saran Perbaikan Bawaslu Parepare

  • Post author:
You are currently viewing KPU Kota Parepare Menindaklanjuti Saran Perbaikan Bawaslu Parepare

Parepare – Pasal 104 huruf e Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 menerangkan bahwa Bawaslu Kabupaten/Kota berkewajiban mengawasi pemutakhiran dan pemeliharaan data pemilih secara berkelanjutan yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota dengan memperhatikan data kependudukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Secara teknis pengawasan DPB ini diatur melalui Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 13 Tahun 2021 tentang pelaksanaan Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan. Seperti bulan-bulan sebelumnya, fokus pengawasan dan pencermatan DPB ini terkait dengan pemilih yang masih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) seperti pemilih ganda, pemilih baru, pemilih yang berstatus TNI/Polri, dan pemilih pindah domisili yang masih terdaftar dalam DPB Tahun 2022.

Temuan Bawaslu Kota Parepare saat pelaksanaan uji petik di Kelurahan Sumpang Minangae dan Kelurahan Cappa Galung, dan Kecamatan Bacukiki Barat pada bulan Juli 2022, masih ditemukan data warga yang sudah meninggal dunia sebanyak 6 orang tapi masih tercatat namanya di Daftar pemilih. Beberapa warga di kelurahan tersebut juga tercatat pernah mengajukan pindah keluar dari kota Parepare.

Bawaslu Kota Parepare kemudian menyampaikan secara tertulis kepada KPU Kota Parepare sebagai saran perbaikan untuk melakukan pencermatan terhadap hasil pengawasan Bawaslu tersebut agar selanjutnya dapat dikoordinasikan bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Parepare.

Nur Islah, kordiv PHL mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima surat dari KPU Kota Parepare yang isinya tentang tindak lanjut saran perbaikan Bawaslu. Untuk data pemilih pindah keluar tengah dikoordinasikan oleh KPU dengan pihak terkait. Adapun data pemilih TMS meninggal dunia telah ditindaklanjuti oleh KPU Kota Parepare baik secara administrasi maupun faktual serta telah ditetapkan sebagai hasil Rapat Pleno Pemuktahiran DPB Periode Bulan Juli 2022.

Perlu diketahui bahwa Bawaslu Parepare setiap bulan  rutin melaksanakan uji petik di kelurahan-kelurahan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan Berita Acara yang diterbitkan kpu kota Parepare sesuai dengan kondisi riil di lapangan. Hasilnya diteruskan ke kpu kota parepare dalam bentuk Saran perbaikan.

“Ini tak putus kita lakukan sebagai bentuk komitmen Bawaslu Kota Parepare dalam memastikan pemutakhiran Daftar pemilih Berkelanjutan ini berjalan sebagaimana mestinya” ujar Nur Islah.

Humas.

Tinggalkan Balasan